Wednesday, May 20, 2009

Safe webpage/URL menjadi file PDF

Apabila anda senang mencari informasi di internet, pasti anda sering menyimpan informasi tersebut ke dalam harddisk agar anda bisa lihat secara offline, baik untuk keperluan referensi atau sekedar backup, sehingga apabila sewaktu-waktu anda perlu melihatnya kembali, anda tinggal membuka file yang telah disimpan tersebut tanpa perlu terhubung ke internet secara online.

Apabila anda biasanya menyimpannya dalam bentuk file HTML standar, kini ada cara yang lebih praktis, yaitu menyimpannya dalam format PDF, sebuah format dokumen yang sudah sangat populer karena kepraktisannya.

Sebenarnya ada banyak layanan internet yang tersedia gratis untuk keperluan ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang saya ketahui:

1. PDF Download
Layanan ini adalah berupa add-on pada Firefox. Dengan add-on ini anda dimudahkan untuk menyimpan halaman web, yaitu cukup dengan klik toolbar yang secara otomatis akan ditampilkan ketika anda menginstallnya.Tapi ada kelemahannya, yaitu, karena add-on ini sudah sangat populer, kadang-kadang proses konversi sering lambat atau malah gagal.

2. htm2pdf
Kalau yang ini berupa layanan online dimana anda dapat memasukkan URL halaman web untuk dikonfersi menjadi PDF. Untuk kemudahan, anda juga bisa convert webpages langsung dari browser, tapi sebelumnya anda perlu drag link bookmark “Save page as PDF” yang disediakan di website tersebut. Selama ini saya lebih sering menggunakan layanan ini karena selalu berhasil dan prosesnya cepat, mungkin karena belum populer.

3. html-pdf-converter
Layanan ini juga berupa layanan online, tapi anda hanya bisa melakukannya secara manual, yaitu dengan memasukkan URL pada kotak yang disediakan diikuti dengan menekan tombol “Make PDF”.

4. primopdf
Layanan online ini tidak langsung menyajikan file hasil konfersi, tapi mengirimkan PDF hasil konversi ke alamat email anda. Dengan layanan ini anda juga bisa mengkonversi file yang ada di harddisk anda, jadi bukan hanya halaman web online.

Silahkan klik link masing-masing layanan tersebut untuk mencobanya.

Semoga bermanfaat.

.




Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

1 comments:

manzis (on August 3, 2009 at 12:20 PM) said...

infonya kren....keep blogging....

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top