Wednesday, May 20, 2009

Web application, aplikasi online di desktop anda

Pasti anda punya satu atau lebih layanan online yang sering anda kunjungi menggunakan browser, seperti email, rss reader, blog, dll. Tahukah anda bahwa anda bisa ‘menginstall’ layanan online tersebut di desktop anda, sehingga anda bisa dengan cepat dan mudah mengaksesnya?

Dengan program yang akan saya sebutkan berikut ini, kita bisa mengakses website dalam jendela tersendiri, terpisah dari browser yang sedang digunakan. Program ini akan meletakkan shortcut ke suatu website, yang bisa ditempatkan di desktop, Start Menu, ataupun Quick Launch. Dengan menggunakan shortcut ini, kita bisa membuka sebuah website layaknya sebuah aplikasi desktop pada umumnya, dengan membuka jendela baru yang langsung menampilkan website yang alamatnya sudah disetting sebelumnya, sehingga menjadi sebuah web application.



Berikut ini dua aplikasi yang bisa menampilkan web application pada desktop:

1. Mozilla Prism
Prism merupakan software keluaran Mozilla Labs, bisa diinstall sebagai standalone application (berdiri sendiri) atau sebagai add-on di Mozilla Firefox.

Bila sebagai standalone application, anda cukup mengekstrak hasil downloadnya dan bisa langsung dijalankan (tanpa install), sehingga bisa digunakan secara portable. Untuk menjalankannya, double-click file ‘prism.exe’ pada folder hasil ekstraknya. Untuk menggunakan Prism yang diinstall sebagai add-on di Firefox, klik menu ‘Tools’ > ‘Convert Website to Application’ pada menu Firefox.

2. Google Chrome
Chrome merupakan browser baru keluaran Google. Bila kita ingin sebuah alamat website tampil sebagai shortcut, kita tinggal klik ‘Create application shortcuts…’ pada menu Chrome. Karena sifatnya built-in dari browser Chrome, web application ini sebenarnya adalah browser Chrome, tapi dalam tampilan yang lebih simple yaitu tanpa address bar ataupun toolbar.

Selama ini saya menggunakan Prism standalone application untuk menampilkan AOL Online Radio (seperti pada gambar), Google Reader, dan Gmail. Yang saya suka dari Prism standalone ini, kita bisa membuka email dari layanan yang sama (misalnya Gmail) dengan akun yang berbeda pada saat bersamaan, karena setiap web application di Prism standalone memiliki setting dan profile tersendiri. Selain itu Prism memiliki pengaturan lebih lengkap, salah satunya kita bisa menampilkan aplikasi di system tray, sehingga pada saat di’minimize’, aplikasi ini tidak tampak di taskbar.

Silahkan coba.

.




Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top