Monday, June 29, 2009

Foxit Reader, Aplikasi Pembaca File PDF Super Cepat

Dokumen pdf yang pada awalnya diperkenalkan oleh Adobe System, Inc., saat ini sudah menjadi file standar yang banyak dipakai secara umum untuk mendokumentasikan dan mendistribusikan sebuah tulisan, artikel, atau juga sebuah buku. Hal ini karena sebuah file dalam format pdf dinilai sangat praktis, komplit, berkualitas, dan bisa juga bersifat interaktif (mendukung feedback form).

Setelah sebelumnya dibahas mengenai aplikasi online (web application) untuk menyimpan halaman web dalam bentuk pdf, di sini akan dibahas aplikasi untuk membaca/membuka file berformat pdf (pdf reader). Salah satu aplikasi tersebut adalah Foxit Reader, sebuah aplikasi untuk membaca dokumen PDF yang cukup simpel, mudah digunakan, sekaligus kaya fitur. Salah satu keunggulan utama aplikasi ini adalah kecepatannya dalam membuka sebuah dokumen pdf, terutama bila dibandingkan dengan aplikasi keluaran Adobe yaitu Adobe Reader.

Adobe Reader perlu waktu cukup lama ketika membuka file pdf, karena aplikasi ini akan melakukan loading beberapa plug-in terlebih dulu, baru kemudian membuka pdf. Selain itu juga Adobe Reader berukuran sangat besar, versi 8 dalam bentuk installer ukurannya 21 MB, dan setelah diinstal bisa menghabiskan ruang di hardisk sampai sekitar 100 MB.

Aplikasi Foxit Reader berukuran sangat kecil; versi terakhir yaitu Foxit Reader 3.0 hanya sekitar 3 MB saja. Ketika membuka file pdf, terasa sekali kecepatannya bila dibandingkan dengan Adobe Reader. Selain itu, ada fitur Commenting Tools, yaitu tool untuk memberikan komentar berupa teks pada sebuah dokumen pdf, sehingga membantu kita dalam memberikan keterangan tambahan pada file tersebut.


Foxit Reader tersedia untuk komputer dengan sistem operasi Windows dan Linux. Selain dalam bentuk file installer, anda juga bisa download dan menggunakan Foxit Reader berformat portable berupa single file yang langsung bisa digunakan tanpa perlu diinstal. Sangat praktis.

Untuk anda yang ingin langsung mencoba aplikasi Foxit Reader versi terakhir, silahkan buka halaman download di situs resminya.




Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top