Monday, July 20, 2009

Cara Mudah Verifikasi Blog Wordpress.com Dan Blogspot.com Di Google Webmaster Tools

Sebagai pemilik sebuah blog, tentu kita ingin agar mesin pencari seperti Google mudah menemukan blog kita. Dengan begitu, seseorang yang mencari informasi melalui search engine Google akan lebih mudah mencapai blog kita.

Google sendiri telah menyediakan layanan agar blog kita terindeks dalam database pencariannya, melalui semacam tools buat pemilik situs yang disebut Google Webmaster Tools. Beberapa keuntungan bila kita mendaftarkan blog bisa kita dilihat di halaman muka Google Webmaster Tools.






Di dalam layanan Google Webmaster Tools kita bisa menambahkan daftar situs/blog kita agar terindeks oleh Google. Situs/blog yang kita tambahkan tersebut tidak langsung terindeks, melainkan akan diverifikasi terlebih dulu oleh Google, yang tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kita adalah pemilik sah (verified owner) dari situs/blog yang kita daftarkan tersebut.

Ada dua buah metoda verifikasi yang disediakan oleh Google, pertama dengan menambahkan meta tag pada kode html homepage blog kita, dan yang kedua dengan membuat sebuah halaman berupa html page di blog kita. Buat anda yang memiliki blog self-hosted/berbayar, tentu dengan mudah tinggal memilih di antara kedua metoda tersebut dan kemudian bisa memverifikasinya.

Untuk blog yang menggunakan layanan blog hosting gratis khusus pada Wordpress.com dan Blogspot/Blogger, berikut ini saya sampaikan cara agar blog kita bisa diverifikasi oleh Google. Cara ini berdasarkan pengalaman saya, yang ternyata juga cukup mudah bila telah mengetahuinya. :P

Sebelum menggunakan Google Webmaster Tools, anda harus memiliki akun Google, atau untuk yang belum punya bisa membuatnya terlebih dulu, dan kemudian login dengan akun tersebut.

*

1. Verifikasi blog Blogspot

Login dan masuk ke akun Webmaster Tools. Tambahkan blog Blogspot.com yang akan diindeks, dengan cara klik "Add a site...", kemudian masukkan alamat lengkap blog anda. Ketika blog kita sudah muncul di Webmaster Tools Home pada daftar Sites, kemudian klik "Verify this site »" dan kita masuk pada halaman verifikasi seperti pada gambar ini.

Di bagian Verification method pilih metoda Meta Tag. Copy kode html meta tag yang diberikan.



Selanjutnya anda buka dan login ke akun Blogger anda (sebaiknya di tab/window baru browser anda agar halaman verifikasi webmaster Tools tetap terbuka), masuk ke halaman "Layout" dan "Edit HTML".

Sesuai petunjuk yang diberikan pada halaman verifikasi Webmaster Tools, tempatkan (paste) kode meta tag yang tadi anda copy di antara tag <head> dan </head>. Untuk mudahnya, tempatkan saja kode meta tag tersebut tepat di atas tag </head> dan setelah itu klik Save Template.



Setelah itu, kembali ke halaman verifikasi Google Webmaster Tools, dan klik tombol "Verify".
*

2. Verifikasi blog Wordpress.com

Langkah pertama sama seperti sebelumnya, login dan masuk ke akun Webmaster Tools. Tambahkan blog Wordpress.com yang akan diindeks, dengan cara klik "Add a site...", kemudian masukkan alamat lengkap blog anda. Ketika blog kita sudah muncul di Webmaster Tools Home pada daftar Sites, kemudian klik "Verify this site »".

Di bagian Verification method pilih metoda HTML file, kemudian muncul nama html file yang formatnya misanya seperti ini: googleff30c4e3f6cb046b.html. Copy nama halaman html file yang diberikan tersebut.

Selanjutnya login ke akun blog Wordpress.com anda, buatlah sebuah halaman/page baru dengan cara klik Add New pada bagian Pages. Paste alamat seperti misalnya contoh tadi googleff30c4e3f6cb046b.html tersebut ke dalam isian judul halaman. Isi halaman tak perlu dibuat, yang penting judul halaman tadi.

Anda bisa memilih Attributes halaman/pages ini pada bagian Parent, bisa pilih Main Page (no parent) atau di bawah halaman yang telah ada, misalnya contoh saya buat di bawah ZonS & Links Exchange (sesuaikan dengan halaman/page yang anda punya). Kemudian, klik "Publish".





Setelah itu, kembali ke halaman verifikasi Google Webmaster Tools, dan klik tombol "Verify".
*

Bila verifikasi berhasil (untuk blog pada Wordpres.com maupun Blogspot, atau juga blog apapun), akan muncul pemberitahuan bahwa anda adalah pemilik yang telah diverifikasi (verified owner) dari situs/blog yang tadi kita daftarkan.



Bila tak berhasil, coba lagi ya, mungkin ada yang terlewat :D

Semoga berguna.

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

7 comments:

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang (on October 12, 2009 at 10:34 AM) said...

tulisan bermanfaat untuk pemula...seperti saya ini.thnks yaa and lam kenaal

agus (on November 2, 2009 at 10:46 AM) said...

zons dah ku coba di http://sewu.wordpress.com pagenya jadi tp kok ndak bisa di verifikasi ya sama gugle We weren't able to verify your site: http://sewu.wordpress.com/ ugh... kenapa ya..

Zon Saja (on November 6, 2009 at 2:06 AM) said...

@agus: iya bro, sejak oktober kemaren, cara verifikasinya udah diubah sama google, harus upload file atau edit meta tag. jadinya blog wp.com nggak bisa verifikasi di google web master, karena dua hal itu ga bisa dilakukan di wp.com :(

.

Jack (on November 10, 2009 at 11:59 PM) said...

zons saya udah berulang menggunakan menferifikasi tapi gagal terus. (dogbreedselector.biz) harus bagai mana nih bro

Zon Saja (on November 11, 2009 at 12:48 AM) said...

kalo sy liat di blognya pake self hosted
(wordpress.ORG, bukan wordpress.com),
jadi nggak bisa ngikutin cara spt di atas yg buat wordpress.com

kalo blog self hosted harus edit meta tag
atau upload file verifikasi googlef5abb5238cf44cf5.html
taruh di root
nanti file verifikasi itu harus muncul di alamat:
http://dogbreedselector.biz/googlef5abb5238cf44cf5.html

.

Bisnis Pulsa GSP (on November 16, 2009 at 3:31 PM) said...

Makasih infonya , bisa dicoba dulu.

Rozi Saptiyan (on January 26, 2010 at 1:49 PM) said...

thanks banget ya, baru bisa bersaing nih ma senior seo
rozi saptiyan in http://bestcompetitor.blogspot.com/2010/01/kompetisi-website-kompas-muda-kfc_24.html

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top