Thursday, January 21, 2010

Update Sekaligus Semua Software di Windows dengan Ketarin

Ketarin logo
Ketarin logo
Software yang kita install di komputer sebaiknya selalu update agar kinerjanya lebih optimal serta agar kekurangan dan juga celah keamanannya bisa ditutupi dengan upadte terbaru.

Buat pengguna komputer PC dengan sistem operasi Linux seperti Ubuntu mungkin sudah hal biasa untuk melakukan update sekaligus semua software yang terinstall dengan menggunakan software update manager seperti Synaptic yang memang sudah bawaan OS tersebut, sehingga tidak perlu lagi cek update satu-persatu pada software yang terinstal.

Buat pengguna OS Windows, kalau sebelumnya pernah disampaikan tentang cara install berbagai software sekaligus, berikut ini adalah sebuah software gratis open source bernama Ketarin (kek nama ceweq ya :)) yang fungsinya bisa dibilang seperti update manager yaitu memeriksa status update dari semua software yang terinstal di Windows dan kemudian melakukan update dan download sekaligus semua  software update tersebut.


Penggunaan Ketarin

Ketarin, sebuah freeware yang bersifat portabel ini bisa langsung dijalankan file exe-nya tanpa perlu instal. Pertama kali digunakan akan muncul jendela kosong. Kita perlu memasukkan dulu daftar software apa saja yang perlu kita cek status updatenya untuk selanjutnya kita download file terbarunya.

Klik Add new aplication. Untuk mudahnya, klik saja Import from online database... agar kita bisa melihat daftar berbagai macam software yang tersedia.


Selanjutnya akan muncul jendela Available Applications. Kita bisa mengetik nama software pada isian yang tersedia atau langsung klik saja tombol Search untuk menampilkan semua database daftar software yang tersedia. Dari daftar tersebut silahkan dipilih mana software yang akan di-update. Untuk memilih sekaligus lebih dari satu aplikasi, gunakan tombol Ctrl di keyboard sambil klik mouse. Setelah selesai, klik tombol Import.


Setelah import daftar software yang kita perlukan, akan tampak daftar tersebut pada jendela awal tadi. Selanjutnya kita bisa melakukan update. Kita bisa klik tanda panah disamping tombol Update now lalu pilih dulu Only check for update untuk memeriksa file update tersebut sebelum benar-benar melakukan update.


Akan ada pemberitahuan bila terdapat error untuk melakukan update (misalnya server error).


Setelah itu silahkan lakukan update.

Untuk anda yang sudah terbiasa dan mengetahui lokasi URL file update yang lebih sesuai dibandingkan cara otomatis tadi mungkin bisa memasukkan daftar software secara manual dengan cara klik Add new applcation lalu pilih New.... Petunjuk selengkapnya silahkan lihat di sini.



Download Ketarin 1.0.9.309

File: Ketarin-1.0.9.309.zip (ukuran 725 KB) - portable application

Download


Periksa :D.

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top