Thursday, September 3, 2009

Download Gratis Avast! Antivirus untuk Linux

Berbagai jenis virus berseliweran di dunia komputer, seakan-akan berlomba-lomba untuk menginfeksi sebanyak-banyaknya sistem komputer. Seperti kita tahu, hampir semua virus dibuat untuk menyerang komputer dengan sistem operasi Windows, karena memang Windows adalah sistem operasi terpopuler yang digunakan saat ini.

Sementara itu, komputer dengan sistem operasi Linux (komputer Linux) praktis saat ini aman dari virus, selain karena sistem keamanannya yang lebih ketat, juga karena memang sistem operasi ini masih belum terlalu populer.

Lalu kenapa kita tetap perlu memasang antivirus di komputer Linux? Apa perlunya? Memang, kita tak akan menemukan virus untuk Linux, paling tidak sampai saat ini. Virus untuk Windows tetap bisa masuk ke komputer Linux, tapi tak akan bisa mengganggu sistem Linux, karena virus tersebut tak akan berjalan di lingkungan Linux.

Memasang antivirus di Linux sebenarnya, menurut saya aja loh, lebih dimotivasi supaya kita nggak dipermalukan aja suatu saat, hehehe.... Kan nggak enak juga, karena keenakan pakai Linux, yang tetap aman walaupun ada virus Windows di komputer, lalu ketika memberikan sebuah file ke seorang teman atau rekan kerja misalnya, eh, terdeteksi bahwa file tersebut mengandung virus. Wah...

Karena itu ada baiknya tetap memasang antivirus di Linux.

Nah, salah satu software antivirus yang tersedia untuk sistem operasi Linux adalah Avast! Linux Antivirus. Avast! adalah software yang didesain untuk menghilangkan virus dan melindungi komputer dari virus, spyware dan juga rootkit. Avast! merupakan software antivirus yang cukup populer dengan jumlah pengguna sampai 50 juta di seluruh dunia. Software ini tersedia gratis, untuk pemakaian personal alias nonkomersial, syaratnya hanya diharuskan untuk registrasi secara gratis/free.


Download dan Install Avast! Linux

Antivirus Avast! Linux tersedia dalam paket-paket .rpm (Red Hat installer), .deb (Debian installer), dan .tar.gz (all distro installer). Untuk download (gratis) Avast! Linux, silahkan kunjungi halaman avast! Linux Home Edition Download.

Untuk sistem operasi lain silahkan klik di sini.

Selesai download, double click file installer. Langsung saja pilih install. Tentunya kita akan diminta memasukkan password administrator.

Apabila instalasi sukses, aplikasi Avast! secara otomatis ditempatkan pada kelompok program Accessories. Atau, kalaupun tidak muncul misalnya, aplikasi ini bisa dijalankan secara manual dengan mengaktifkan utiliti Run Application di Linux, caranya tekan Alt+F2 saja, lalu ketikkan avastgui dalam isian nama aplikasi, tekan Enter.
 
 

Saat pertama kali dijalankan, Avast! akan meminta kita untuk memasukkan nomor registrasi (license key). Bila belum memilikinya, klik tombol "Click here to obtain license key" untuk memperoleh secara gratis, dan nomor license key akan dikirim ke alamat email yang dimasukkan ketika registrasi. License key ini berlaku untuk satu tahun masa pemakaian.

Setelah sukses, Avast! akan tampil siap sedia memeriksa (scan) komputer kita kalau-kalau ada virus.


.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top