Wednesday, September 9, 2009

SpeedyFox dan Vacuum Places untuk Mempercepat Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser gratis yang sangat bagus dan diminati banyak orang karena kemudahannya untuk dikostumasi sesuai keinginan penggunanya serta dukungan banyaknya add-ons untuk meningkatkan kemampuan dan performa browser ini.

Namun demikian, bila kita banyak melakukan kostumasi serta memasang banyak add-ons, konsekuensinya adalah akan sedikit memperlambat kecepatan dan performa Firefox, terutama ketika loading awal. Hal ini sebenarnya wajar, karena Firefox akan melakukan loading semua add-ons dan themes yang terinstal.

Untuk membantu mengatasi hal tersebut, ada aplikasi/software tambahan dan juga add-on agar performa Firefox bisa lebih ditinggkatkan terutama kecepatan loading awalnya, yaitu menggunakan aplikasi SpeedyFox atau dengan add-on Vacuum Places.


Aplikasi SpeedyFox

SpeedyFox merupakan aplikasi gratis keluaran CrystalIdea Software Inc. yang cukup ringkas dan bersifat portabel (tidak perlu diinstal untuk menjalankannya).

Prinsip kerjanya adalah dengan mengatasi masalah fragmentasi pada database user profile yang disebabkan oleh banyaknya aktifitas browsing dan banyaknya extension yang terinstal di Firefox. Aplikasi ini akan melakukan optimasi pada user profile pada Firefox, sehingga setelah optimasi ini sukses hasilnya adalah start-up Firefox yang lebih cepat, dan juga pemrosesan browsing history dan cookies yang lebih cepat.

Versi terakhir SpeedyFox adalah versi 1.2, dengan ukuran file yang cukup kecil hanya sekitar 300 KB saja. Download aplikasi SpeedyFox 1.2 di sini atau di sini.


Add-on Vacuum Places

Prinsip kerjanya mirip dengan aplikasi SpeedyFox, yaitu mengoptimalkan database user profile untuk meningkatkan kecepatan loading awal Firefox dan kecepatan browsing secara umum. Add-on ini khusus untuk Firefox versi terbaru yaitu Firefox 3.5 atau yang lebih baru. Bila anda belum melakukan upgrade, silahkan download Firefox versi terbaru di sini.

Catatan penting, sampai saat ini add-on Vacuum Places masih berstatus experimental atau dalam tahap uji coba, sehingga pihak Mozilla sebagai host resmi berbagai add-ons untuk Firefox belum merekomendasikannya untuk diinstal pada Firefox. Walaupun begitu, add-on ini sudah mendapat rating bagus dari para user yang telah mencobanya.

Kalau anda penasaran dan tetap ingin mencobanya, silahkan buka halaman add-on ini di situs Mozilla.

Ketika terinstal, add-on ini akan menempatkan sebuah ikon bergambar gear di status bar Firefox. Untuk menjalankannya, silahkan klik ikon tersebut.




Go Firefox, go! :D

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top