Monday, September 28, 2009

Mencoba OS Windows Vista di dalam Browser

Sebuah sistem operasi alias operating system (OS) seperti misalnya Microsoft Windows Vista, biasanya harus diinstal terlebih dulu di hard disk komputer. Setelah terinstal secara lengkap dan muncul tampilan desktop, barulah kita bisa menggunakannya.

Ada sebuah situs yang menawarkan kemudahan apabila kita ingin mencoba merasakan bagaimana menjalankan OS Windows Vista tanpa harus menginstalnya di harddisk, tapi cukup dijalankan di dalam browser secara virtual saat online melalui internet.

Situs penyedia OS online itu adalah Windows4all.com. Silahkan menuju ke alamat http://windows4all.com/ untuk mencobanya.

Saat dijalankan, Windows Vista yang berjalan di dalam browser ini seperti layaknya kita menjalankan OS tersebut pada desktop komputer. Memang sih tidak sepenuhnya mirip, karena hanya tampilan esensial vista yang diadopsi.  Walaupun begitu, situs ini tetap layak dicoba, terutama buat melakukan pekerjaan secara online. Untuk melihat tampilan full screen, silahkan tekan tombol keyboard F11 atau menu Full screen di jendela browser anda.


Di dalam OS Windows Vista virtual online ini terdapat berbagai aplikasi standar seperti yang terdapat pada versi desktop. Seperti dijelaskan pada situs tersebut, aplikasi yang terdapat di OS virtual online atau Web OS
ini adalah:
  • File Explorer
  • Internet Explorer
  • Video Player
  • Rich test editor
  • RSS reader
  • Virtual PC
  • Notepad
  • Paint
  • Chat
  • Calculator
  • Games, seperti Chess, Solitaire, Spider dll.

Coba anda jalankan Internet Explorer dari Web OS ini dengan cara double click icon Internet Explorer atau dari Start Menu. Jadilah, kita menjalankan browser IE itu dalam browser. Kita juga bisa membuat file, misalnya file text sederhana di Notepad, kemudian bisa kita save. File yang telah kita save tersebut dapat dibuka kembali pada waktu lain saat kita kembali ke situs Windows4all.com tersebut. Selain itu, kita bisa juga upload file dari komputer kita ke situs tersebut.


Untuk menjalankan aplikasi Web OS ini disitus tersebut, sebelumnya kita harus instal Microsoft Silverlight, sebuah plugin untuk menampilkan konten multimedia di dalam browser, serupa dengan plugin Adobe Flash Player. Silahkan download Microsoft Silverlight di situs Microsoft.

OS kok makan OS? :P

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

2 comments:

Anonymous said...

ia sy juga bingung os makan os,seperti os lain eye os dll, tp jln dgn web..trs fungsinya apa dong...

hosting murah (on September 29, 2009 at 3:39 AM) said...

nice info boss..thx bgt..
gw coba dulu

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top