Thursday, August 20, 2009

Baca Berita Secara Offline di Google Reader

Google Reader adalah layanan online dari Google untuk membaca konten berita ataupun artikel. Isi konten didapatkan dari blog seperti blog ini atau dari layanan berita seperti kompas.com dan juga dari situs-situs yang menyediakan RSS feed, yang biasanya ditampilkan dalam bentuk ringkasan.

Dengan Google Reader ini, kita bisa membaca artikel-artikel konten blog/berita tanpa perlu mengunjungi langsung situs/blog yang bersangkutan. Kita cukup menyeleksi dari daftar isi ringkasan artikel tersebut di Google Reader, dan apabila ada konten yang menarik kita bisa membuka konten tersebut di situs terkait untuk mendapatkan isi artikel selengkapnya.

Walaupun Google Reader ini adalah layanan online, kita dapat membacanya secara offline, caranya cukup dengan mengaktifkan fitur offline di Google Reader.

Untuk mengaktifkan fitur offline ini, di komputer kita harus terinstall aplikasi yang dinamakan Google Gears (bisa didownload di sini). Setelah Google Gears terinstall, kita perlu merestart browser kita agar aktif di dalam browser kita sebagai sebuah plug-ins.

Setelah Google Gears aktif, silahkan buka Google Reader dan login untuk masuk ke akun dan mulai membaca list artikel. Bila kita mengingnkan membacanya secara offline, klik link bergambar sebuah bulatan berwarna hijau di sebelah kanan jendela Google Reader, tepatnya di samping nama akun.

Ketika kita mengaktifkan fasilitas offline, kita akan diminta konfirmasi oleh aplikasi Google Gears untuk mengijinkan situs Google Reader menggunakannya. Silahkan diijinkan :D

Selanjutnya, Google Reader akan menyimpan artikel-artikel tersebut ke dlam harddisk kita dalam bentuk chace (penyimpanan sementara), dan terlihat proses downloading. Setelah proses downloading selesai, kita bisa membaca artikel di dalam Google Reader tanpa harus terhubung ke internet. Apabila kita ingin kembali ke mode online, kita tinggal klik tombol yang sama.

Fasilitas offline ini berguna bila kita menggunakan sambungan internet dengan dengan hitungan waktu penggunaan, atau sambungan internet yang sering terputus-putus.

Semoga bermanfaat.
.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top