Friday, August 28, 2009

Program Partnerships di YouTube, Mendapatkan Uang dari Upload Video

Siapa pengguna internet yang tak kenal YouTube? Rasanya hampir nggak ada ya. Walaupun begitu, ada anggapan dari sejumlah pihak bahwa situs berbagi video paling populer ini, terlihat dari rangking situs ini di Alexa yang menduduki peringkat keempat, dianggap bukan sebuah situs yang bisa menghasilkan uang, terutama buat pengguna perorangan.

Tetapi seperti yang diberitakan oleh Reuters, YouTube akan mementahkan anggapan miring tersebut, dengan memperluas program Partnerships miliknya di mana YouTube memungkinkan setiap pencipta video yang mampu mencetak hits, untuk mendapatkan penghasilan dari hasil karyanya itu.

Pada sistem baru ini, jika sebuah video menjadi populer dan mencetak hits, YouTube akan langsung mengirimkan email yang berisi pesan enable revenue sharing. Artinya bahwa jika pengguna YouTube setuju, pihak YouTube akan memasang iklan pada tampilan video yang bersangkutan dan hasilnya akan dibagi antara Youtube dengan pemilik video.

Jadi, program ini bisa dikatakan mirip dengan Google AdSense. Kalau Google AdSense memasang iklan di blog/situs, sedangkan program Partnerships dari YouTube, sebuah situs milik Google, ini akan memasang iklan pada video.

Kriteria sebuah video agar bisa mendapat email penawaran bagi hasil dari YouTube tentu saja salah satunya video yang diupload harus populer, yang antara lain ditandai dengan:
  • Jumlah angka view yang menunjukkan seberapa banyak orang yang menyaksikan video tersebut.
  • Seberapa banyak share (bagi pakai) video ini oleh pengguna lainnya.
Selain itu, seperti Google AdSense, walau bagaimanapun keputusan tetap ada di tangan pihak YouTube untuk menentukan apakah sebuah video layak diikutsertakan dalam program ini, atau dengan kata lain harus mendapat approval dari YouTube.

Sayangnya, program Partnerships YouTube ini baru berlaku di wilayah Amerika Serikat. Belum ada keterangan pasti kapan program ini akan diberlakukan juga di negara-negara lainnya.

Yah, sebagai pengguna internet terutama buat anda yang suka upload video ke YouTube, walaupun sampai saat ini program tersebut baru berlaku di Amerika sana, tidak ada salahnya untuk membuat video yang bagus terus diupload ke Youtube, siapa tahu program ini akan secepatnya berlaku juga di Indonesia.

Get ready... :D

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top