Thursday, February 4, 2010

Google Reader Bisa Baca Update Halaman Web Statis

Google Reader logo
Buat pengguna internet terutama pembaca berita online, tentu sudah tak asing dengan yang namanya Google Reader, layanan online kepunyaan Google untuk membaca update artikel atau berita dari sejumlah situs/blog tanpa harus mengunjungi situs/blog tersebut, atau yang biasa disebut juga aplikasi feed reader.

Umumnya, sebuah aplikasi feed reader hanya bisa menampilkan update artikel/berita bila situs yang bersangkutan memang menyediakan umpan atau feed, biasanya berformat RSS atau atom feed.

Tapi bagaimana bila kita ingin memantau atau mendapatkan update dari sebuah situs/halaman web statis tertentu yang tidak menyediakan umpan atau feed? Kalau blog atau situs berita bisa dikatakan sudah pasti menyediakan feed, tapi untuk situs/halaman web statis biasanya memang tidak menyediakannya.

Untuk itulah, Google Reader baru saja meluncurkan sebuah fitur agar penggunanya bisa mendapat update dari situs/halaman web statis. Fitur ini akan memantau perubahan dari sebuah halaman statis dan menampilkannya sebagai sebuah feed di Google Reader.


Cara Menampilkan Update Situs/Halaman Web Statis di Google Reader

Contohnya, mungkin anda pernah memperhatikan, bahwa halaman awal Google (http://www.google.com/) terdapat semacam pesan-pesan tertentu yang sebenarnya selalu berubah. Tapi halaman Google ini tidak menyediakan feed (kalau menggunakan browser Firefox, halaman Google ini tidak terlihat adanya feed icon bergambar seperti ini: feed icon pada address bar), sehingga kita tidak bisa memantaunya melalui aplikasi feed reader umumnya.

Dengan Google Reader, kita bisa memantaunya, yaitu cukup dengan melakukan subscribe pada alamat http://www.google.com ini di Google Reader. Setelah itu, update halaman Google ini bisa kita lihat di Google Reader sebagai sebuah generated feed (feed yang dibuat/generate oleh Google Reader).

Fitur generated feed di Google Reader ini bisa berguna bila kita ingin memantau update situs-situs tertentu seperti misalnya situs toko online yang berisi katalog produk, tapi situs tersebut tidak menyediakan feed.


Kadal monitor :p.

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top