Thursday, February 11, 2010

Periksa Script Mati di Blog

Javascript illustration
Javascript
Kecepatan dalam membuka sebuah halaman web/blog (page loading) adalah idaman para peselancar internet. Suata hal yang menjengkelkan apabila waktu yang diperlukan membuka sebuah situs menjadi lama. Kalau pengunjung tidak sabar dia akan meninggalkan halaman tersebut, dan mungkin kapok untuk balik lagi.

Salah satu hal yang mempengaruhi waktu loading page adalah adanya kode-kode script seperti misalnya Javascript. Dibandingkan dengan kode HTML biasa, kode javascript diload oleh browser dengan cara yang berbeda. Kalau kode HTML, kodenya diload secara bersamaan dengan kode-kode HTML lainnya atau paralel. Sedangkan kode javascript tidak seperti itu, dia diload sampai selesai terlebih dulu, baru dilanjutkan dengan loading kode-kode lain setelahnya.

Apa artinya? Artinya, bila ada kode script yang memakan waktu loading yang lama, maka tampilan sebuah halaman pun jadi tersendat, sehingga tampilannya menjadi seperti tidak selesai, menunggu script tersebut sampai sepenuhnya selesai dieksekusi. Akibatnya, ya bikin bete... :) 

Penyebab loading time yang lama antara lain kondisi server penyedia script yang sedang down, koneksi ke server tersebut yang lambat, atau malah mungkin situsnya sudah mati.

Ini saya alami contohnya pada layanan statistik yang disediakan oleh Indostats. Saya tidak tahu apakah Indostats ini servernya sedang down, sedang dalam maintenance, atau situsnya yang memang sudah berhenti, atau apa. Sangat disayangkan, padahal saya cukup menyukai layanan ini karena memberikan data statistik kunjungan yang cukup lengkap dengan user interface yang cukup baik.

Akhirnya saya putuskan untuk menonaktifkan script yang disediakan oleh Indostats ini. Saya tidak langsung membuang script ini, dengan harapan mungkin servernya bisa kembali normal.

Buat yang belum tahu, cara menonaktifkan kode javascript cukup mudah, yaitu dengan menambahkan kode <!-- di awal script, dan kode --> di akhir script.

Tips lainnya, script-script yang tidak terlalu penting terutama buat pengunjung seperti misalnya script statistik, sebaiknya ditempatkan di pojok kanan paling bawah, maksudnya supaya proses loading script ini diset paling akhir, sehingga kalau pun terjadi error atau page loading yang lama akibat script tersebut, pengunjung tidak terlalu terganggu untuk membaca artikel dan mendapatkan informasi yang ada di blog.


Inspeksi mendadak :D.

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top