Friday, November 20, 2009

[PIC+VIDEO] Google Chrome OS, Sistem Operasi (yang terlalu ke) Masa Depan?

Seperti diketahui, Google sebagai penguasa dunia internet, pada bulan Juli lalu telah mengumumkan rencananya untuk merilis sebuah operating system (OS) pada tahun 2010 nanti, yang diberi nama Google Chrome OS.

Sejak rencana tersebut diumumkan, berbagai spekulasi bermunculan menanggapi Google Chrome OS ini, seperti, bagaimana sesungguhnya sistem OS ini, penampilannya, dan lain sebagainya. Lucunya, saya pernah lihat, gOS (Good OS, bukan Google OS), sebuah distro Linux, diumumkan sebagai Chrome OS. Jiahahah.... Apa ini hoax? Ya iya lah... ;)

Lalu, seperti apa Google Chrome OS ini sebenarnya?

Hari ini Google secara resmi mengumumkan bahwa Chrome OS dirilis sebagai sebuah proyek open source yang bisa diakses publik, sekaligus memperlihatkan seperti apa konsep awal dan tampilan Chrome OS ini yang nantinya dirilis akhir tahun depan (2010).


Google Chrome OS yang Sebenarnya

Chrome OS adalah sistem operasi berbasis Linux, yang lebih berorientasi pada cloud  computing, yaitu sebuah cara penggunaan komputer yang lebih difokuskan pada aktivitas online via internet. Semua aplikasi yang ada pada Google Chrome OS pun nantinya menggunakan aplikasi online (web application), terutama aplikasi web keluaran Google seperti yang selama ini sudah tersedia dan bisa digunakan secara online, seperti Google Docs untuk aplikasi perkantoran, Google Calender sebagai aplikasi scheduling, Gmail sebagai email client, Google Maps, Picasa, dan lain sebagainya.

Kalau diperhatikan sepintas, Google Chrome OS hanyalah kepanjangan dari Google Chrome, browser keluaran Google. Dalam arti, Chrome OS mungkin bisa dibilang sebagai sistem operasi browser. Cukup unik memang, lain dari yang lain.












Video tentang Google Chrome OS.





Dari berbagai sumber, kira-kira Chrome OS akan seperti ini:
  • Prinsipnya: Chrome OS adalah sistem operasi yang mengandalkan speed, security, simplicity.
  • Browser sebagai sistem operasinya dan sekaligus sebagai user interface sistem operasi.
  • Proses booting hanya 7 detik sejak komputer dinyalakan langsung membuka browser (desktop).
  • Security: Chrome OS does not trust any (desktop) applications. Jadi, tidak bisa install aplikasi lain di sistem, karena semua aplikasi adalah web application.
  • Data user tersimpan pada server web (cloud computing) yang tersinkronisasi, sedangkan data di komputer hanya cache browser.
  • Chrome OS hanya bisa diinstal dan digunakan pada hardware PC (netbook) tertentu saja, yaitu hardware produksi vendor yang bekerja sama dengan Google yang menyertakan Chrome OS sebagai sistem operasinya (sistem bundling, mirip seperti Mac OS dengan mesin Power PC-nya).





Kalau mau tau lebih banyak tentang proyek open source Google Chrome OS ini, silahkan buka situsnya.


Keren sih, tapi...

Nah, kalau sudah seperti itu, sepertinya sistem operasi Google Chrome OS ini memang benar-benar mengandalkan aplikasi online. Memang, dewasa ini mungkin buat sebagian orang internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Tapi apa iya, kita akan online terus, terutama untuk saat sekarang, atau mungkin tahun depan saat Chrome OS diluncurkan? Mungkin iya buat orang di luar negeri sana ya, sudah bisa mengdopsi penggunaan cloud computing a.k.a komputasi awan, saat sekarang, atau mungkin tahun depan.

Lah, kalo buat di sini? Xixixi... masih jauh kelihatannya. Belum lagi, rasanya masih banyak orang yang belum merasa nyaman dan aman kalau semua file-nya berada di web server.

Atau mungkin Google Chrome OS ini (dengan komputer khususnya itu) menjadi sebuah komputer tambahan (sebagai sebuah gadget). Harus ada komputer lain untuk menggunakan aplikasi offline (desktop) seperti game, aplikasi desain grafis, dan lain-lain. Jadinya harus ada dua komputer...


Waktu akan berbicara... ;)

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

2 comments:

Ali Akbar (on November 22, 2009 at 1:53 AM) said...

COOL, Man ;p

Your WRITE it in a GREAT Perspective ;p

That will be Wonderfull Chrome *and U*

keep posting ;p

Zon Saja (on November 22, 2009 at 3:26 AM) said...

@Ali Akbar: you're also cool man... ;)

.

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top