Salah satu sarana yang bisa (banyak) mengantarkan pengunjung untuk sampai ke sebuah situs adalah melalui mesin pencari (search engine), seperti Google, Yahoo!, Bing dan lain-lain. Berhubung Google sudah menjadi rajanya mesin pencari, maka menjadi penting bagaimana agar bisa mendapatkan perhatian Google ini.
Mesin pencari Google membuat sistem peringkat yang disebut Google PageRank pada semua situs untuk menentukan mana situs yang akan ditampilkan pada hasil pencariannya secara berurutan sesuai peringkat tersebut. Peringkat ini dibuat berdasarkan banyak pertimbangan seperti kepopuleran situs, link back, kualitas konten, dan lain sebagainya.
PageRank ini berskala 0 sampai dengan 10. Makin tinggi nilai PageRank berarti makin besar peluang situs tersebut tampil pada urutan terdepan pada hasil pencarian.
*
Ini ada sebuah grafik yang dibuat oleh Elliance, Inc., sebuah lembaga yang banyak mendalami seluk-beluk tentang SEO (search engine optimization), menunjukkan bagaimana kira-kira perbandingan situs berdasarkan nilai PageRank.
Grafik yang digambarkan dalam bentuk "gunung" tersebut menjelaskan bagaimana tingkat usaha yang diperlukan oleh pengelola sebuah situs untuk mencapai halaman terdepan pada hasil pencarian Google. Misalnya, sebuah situs dengan PageRank 2 saja, yang bisa dibilang masih berada di "lembah" terdalam, tentu membutuhkan jarak "pendakian" yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan situs yang sudah berperingkat 7.
*
Wah, kalau ngeliat gambar itu, kok sepertinya berat banget ya...? Ya iya, hahaha....
Lalu gimana situs yang memiliki PageRank kecil untuk bisa bersaing dengan situs yang ber-PageRank besar agar bisa tampil pada urutan depan halaman hasil pencarian?
Hmmm... tentu saja pekerjaan cukup berat, apa lagi kalau memiliki konten yang sama atau mirip dengan konten situs ber-PageRank besar. Untuk mengakalinya, selain buat konten unik (dan semenarik mungkin), juga perlu promosi ekstra, seperti melalui social bookmarking, situs jejaring sosial, berkomentar di situs lain, pasang link di forum, terapkan teknik2 SEO, dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya... :)
Hmmm... tentu saja pekerjaan cukup berat, apa lagi kalau memiliki konten yang sama atau mirip dengan konten situs ber-PageRank besar. Untuk mengakalinya, selain buat konten unik (dan semenarik mungkin), juga perlu promosi ekstra, seperti melalui social bookmarking, situs jejaring sosial, berkomentar di situs lain, pasang link di forum, terapkan teknik2 SEO, dan lain-lain, dan sebagainya, dan seterusnya... :)
Santai aja, semuanya juga dulu dari nol bozz... yg penting konsisten aja :)
.
|
|
2 comments:
waaaahh...kalo dari 2 ke 3 aja udah susah, apalagi yang 2 ke 7..
mantap lah bos ....pagerank hrus berupaya naik nih...coz msih blum mlai ndaki hehehe
Post a Comment