Google Docs merupakan aplikasi office gratis berbasis web (web application). Keuntungan penggunaan aplikasi ini adalah karena tersedia secara online maka untuk menggunakannya tidak perlu melakukan instalasi pada desktop komputer. Syaratnya hanya satu yaitu komputer kita terkoneksi ke jaringan internet.
Selain fungsinya untuk membuat dokumen perkantoran dengan tujuan penggunaan pada lingkungan kantor, ada satu fungsi lagi yang dapat dimanfaatkan, khususnya buat blogger. Google Docs bisa juga dimanfaatkan sebagai aplikasi post editor untuk membuat artikel pada blog kita.
Keuntungannya adalah tersedianya tools editing yang lebih lengkap, misalnya tersedianya tools untuk membuat tabel, membuat drawing a.k.a gambar, memberi keterangan pada gambar yang ada, formatting yang lebih lengkap, dan beberapa tools lainnya yang tidak terdapat pada post editor default pada layanan blog seperti Blogger atau Wordpress.
Menggunakan Google Docs Sebagai Post Editor Blog
Khusus pada artikel ini, sengaja saya buat di Google Docs untuk sekedar menggambarkan penggunaan aplikasi online ini sebagai post editor blog.
Contoh: Membuat Tabel
No. | Header 1 | Header 2 | Header 3 | Header 4 |
01 | isi isi sisisi | |||
02 | tessrser tes | |||
03 | ||||
04 | ||||
05 | ||||
06 | ||||
07 | ||||
08 | ||||
hasilnya | hasil | hasil3 | hore berhasil :P |
Contoh: Membuat Gambar
Gambar/drawing di atas hanya contoh sederhana. Tentunya kita bisa menggunakan fasilitas drawing ini untuk berbagai keperluan yang lebih serius, seperti memberi memasukkan image, keterangan image, panah petunjuk, membuat diagram, text box, dan lain sebagainya.
Publish Dokumen di Google Docs Sebagai Artikel Blog
Bila kita sudah selesai melakukan editing dokumen atau dalam hal ini membuat artikel dengan Google Docs, silahkan klik tombol "Save & Close". Selanjutnya kita bisa tampilkan dokumen yang kita buat tersebut sebagai artikel di blog. Caranya, pilih dokumennya, kemudian klik tombol "More actions", selanjutnya klik "Publish", dan akan masuk pada setting "Publish this document".
Disini kita bisa publish dokumen kita langsung sebagai dokumen yang bisa dibuka pada alamat (URL) tertentu dengan cara klik tombol "Publish document", atau bisa juga menampilkannya sebgai artikel di blog.
Sebelum kita publish sebagai artikel blog, kita harus menentukan setting blog, silahkan klik link "set your blog site setting" untuk memilih platform blog. platform yang didukung cukup lengkap termasuk blog gratisan seperti Blogger, Wordpress.com, dll, dan juga untuk blog self hosted (tapi kalo yang ini saya belum coba :P ).
Silahkan masukkan username dan password akun blog kita, dan juga, kalau kita punya beberapa blog pada satu akun, masukkan Blog ID/Title (judul blog atau bisa juga ID kalau kita tau ID blog kita). Judul blog itu harus sama dengan judul blog sebenarnya. Misalnya, judul blog saya ini "zonsDigital", maka pada isian blog ID/Title tersebut harus "zonsDigital". Kalo nggak begitu, dokumen akan dikirim ke blog yang pertama kali terbaca sama Google Docs, a.k.a nggak jelas dikirim kemana :)
Silahkan masukkan username dan password akun blog kita, dan juga, kalau kita punya beberapa blog pada satu akun, masukkan Blog ID/Title (judul blog atau bisa juga ID kalau kita tau ID blog kita). Judul blog itu harus sama dengan judul blog sebenarnya. Misalnya, judul blog saya ini "zonsDigital", maka pada isian blog ID/Title tersebut harus "zonsDigital". Kalo nggak begitu, dokumen akan dikirim ke blog yang pertama kali terbaca sama Google Docs, a.k.a nggak jelas dikirim kemana :)
Bila telah selesai, klik OK pada kotak dialog Blog Site Settings. Setelah itu baru kita bisa publish dokumen terseut sebagai artikel blog, caranya tinggal klik tombol "Post to blog".
Silahkan buka blog kita. Udah muncul belum posting artikel dari Google Docs itu? Kalau sudah muncul, ya udah... ;)
.
|
|
0 comments:
Post a Comment