Tuesday, November 17, 2009

Add-on New Tab Page di Firefox yang Mirip IE

Mungkin sebagian orang sudah akrab dengan kalimat pertanyaan ini: "What do you want to do next?". Ya, itu adalah kalimat yang sudah menjadi jargonnya Microsoft. Kalimat tersebut juga muncul ketika kita membuka tab baru pada browser terbaru kepunyaan Microsoft yaitu Internet Explorer (IE) 8.

Fitur tampilan tab baru di IE 8 rupanya mengilhami seorang developer untuk membuat add-on/extension serupa untuk browser kepunyaan Mozilla, Firefox. Sampai-sampai kalimat jargon Microsoft pun ikut dibawa-bawa. Weleh... :)

Terlepas dari soal tiru-meniru konsep, add-on yang diberi nama New Tab Page ini cukup bagus, sebagai alternatif untuk menampilkan beberapa fungsi pada tab baru di Firefox, yang secara default hanya menampilkan halaman kosong.


Fitur add-on New Tab Page

Bila kita telah menginstall add-on ini di Firefox maka pada saat membuka tab baru akan terlihat beberapa shortcut, yaitu shortcut Favorite (yang bisa ditambah/diedit), form untuk mencari lewat Google, dan yang terakhir, shortcut untuk membuka Private Browsing.

Sekedar informasi mungkin ada yang belum tahu, Private Browsing adalah fitur baru yang diperkenalkan Firefox pada browser terbarunya yaitu sejak versi 3.5.x. Private Browsing memungkin pengguna Firefox untuk melakukan browsing internet tanpa meninggalkan jejak seperti History, Cookies, dan sebagainya pada sistem di mana Firefox itu digunakan. Fitur ini terletak pada menu Tools.

Berikut ini beberapa screenshot yang menampilkan fitur New Tab Page.


Tampilan default tab baru setelah terinstal add-on New Tab Page. Terdapat link situs favorit (kiri), form pencarian Google (tengah), dan shortcut untuk melakukan Private Browsing (kanan). Silahkan klik "New Tab Setting" untuk menambah link favorit.


Masukkan beberapa link favorit


Tab baru yang sudah ditambahkan beberapa link favorit.


Install add-on New Tab Page

Bila berminat menggunakan add-on ini, silahkan langsung menuju halaman add-on New Tab Page di situs Mozilla.



"Mau apa kamu selanjutnya?" :)

.

Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top