Monday, December 7, 2009

Apakah Facebook Bakal Hapus Akun Yang Tidak Aktif?

Sebagai salah satu layanan online social networking terbesar, jumlah pengguna Facebook dari hari ke hari semakin meningkat saja. Sekarang ini total jumlah penggunanya di seluruh dunia sudah mencapai lebih dari 300 juta orang, lebih banyak dari jumlah penduduk Indonesia.

Terkait dengan banyaknya jumlah akun Facebook, ada sebuah pesan yang beredar di kalangan Facebook-ers, yang bunyinya seperti ini:

Subject: [Message from Facebook]

Facebook is recently becoming very overpopulated,there have been many members complaining that Facebook is becoming very slow. Records show that the reason is that there are too many non-active Facebook members and, on the other side, too many new Facebook members.

We will be sending this message around to see if members are active or not. If you are active please send to at least 15 other users using Copy+ Paste to show that you are still active. Those who do not send this message within 2 weeks will be deleted without hesitation to create more space.

Send this message to all your friends and to show me that your still active and you will not be deleted.

Founder of Facebook,
Mark Zuckerberg

Di pesan itu disampaikan, bahwa Facebook sekarang sudah kelebihan penduduk, dan supaya layanan ini performancenya tetap stabil, di situ disampaikan kebijakan untuk menghapus akun pengguna Facebook yang tidak aktif selama lebih dari dua minggu.


Benar atau Hoax?

Itu hanya kerjaan orang iseng saja a.k.a hoax a.k.a info palsu. Sebenarnya pesan seperti ini sudah lama beredar, mungkin sejak tahun 2007. Tapi ternyata sampai sekarang pun masih ada saja orang yang menerima pesan ini.

Memang, banyak juga situs yang menetapkan kebijakan untuk menghapus akun yang tidak aktif. Tapi biasanya atau hampir bisa dipastikan bahwa layanan yang menerapkan kebijakan seperti itu akan menghubungi penggunanya secara langsung.

Layanan online tersebut sudah mengetahui jika ada anggotanya yang tidak aktif melalui catatan login atau pun perangkat sistem lainnya. Mereka tidak memerlukan bantuan penggunanya untuk me-repost sebuah pesan untuk memastikan aktivitas seorang anggota di jaringan mereka.

Jadi bukan dengan pesan berantai begitu...

Sebenarnya, apa sih tujuannya kok ada orang yang membuat dan menyebarkan pesan seperti itu? Yah nggak tau juga sih, mungkin hanya iseng.


Bantai hoax :)

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

2 comments:

aprie (on December 7, 2009 at 8:24 AM) said...

di FB sendiri kan ada fasilitas menonaktifkan akun, tapi hanya sebatas menonaktifkan bukan menghapus.
saya punya akun non aktif kok ga dihapus2 ya?

Interior Designers Orem (on November 2, 2022 at 6:55 PM) said...

Helloo nice post

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top