Tuesday, December 8, 2009

Site Performance di Google Webmaster Tools untuk Melihat Kecepatan Page Loading

Kecepatan membuka sebuah halaman yang ada di situs/blog merupakan hal yang cukup penting terutama bagi pengunjungnya, karena menyangkut kenyamanan dan kecepatan mendapatkan informasi pada sebuah halaman situs. Buat pengunjung, sebuah hal yang cukup menyebalkan bila sebuah halaman situs terlalu lama dibuka. Kalau dibiarkan, bisa-bisa pengunjung jadi kapok mengunjungi sebuah situs.

Agar para webmaster/pengelola situs bisa mengetahui lebih detail tentang kecepatan page loading sebuah halaman/web page, baru-baru ini Google menyediakan sebuah fitur baru di layanan Google Webmaster Tools yaitu fitur Site Performance.


Fitur Site Performance

Untuk melihatnya, silahkan buka situs Google Webmaster Tools. Lalu pilih salah satu situs/blog yang ada, tentunya yang sudah terverifikasi di Google Webmaster Tools (kalau belum terdaftar silahkan buka artikel tentang cara verifikasi blog).

Selanjutnya klik "Lab" lalu klik "Site Performance". Di sini kita bisa melihat statistik performance situs, dalam hal ini informasi yang menyangkut page loading.


Paad bagian Performance Overview, terlihat data dan grafik yang menunjukkan load time rata-rata. Lalu ada Example Page yang menunjukkan waktu yang diperlukan untuk membuka sebuah contoh halaman yang ada di dalam situs tersebut. Selain itu juga terdapat Page Speed suggestions di mana disampaikan beberapa saran/suggestions agar sebuah halaman situs bisa tampil lebih cepat.

Saran-saran yang disampaikan oleh Google Webmaster untuk mempercepat load time adalah:
  • Enable gzip compression (lakukan kompresi gzip). Maksudnya adalah untuk melakukan kompresi pada beberapa komponen sebuah halaman, misalnya script dan sebagainya, sehingga ukuran file yang harus diload oleh browser jadi lebih kecil. BTW, sebenarnya saya nggak ngerti gimana cara kompres komponen-komponen itu, hehehe... :P
  • Combine external JavaScript (gabungkan script external). Kalau bisa, gabungkan script-script yang harus diload menjadi sebuah/beberapa file script saja.
  • Minimize DNS lookups (minimalkan pemanggilan DNS). Maksudnya supaya browser tidak terlalu banyak memanggil situs (DNS) luar yang terkait dengan komponen yang akan ditampilkan di situs kita. Misalnya image atau script yang harus diload dari banyak situs.
  • Serve resources from a consistent URL (tempatkan resource yang sama pada satu tempat saja). Bila ada komponen yang sama persis, tentunya cukup menggunakan satu URL saja, jadi tidak harus dipanggil beberapa kali. Seperti pada blog saya ini, ternyata ada gambar yang sama persis tapi harus dipanggil dari tiga tempat (URL) berbeda. Wah, kan jadi tambah lama loadingnya.
  • Combine external CSS (gabungkan CSS external). Sama seperti script, kalau bisa file kode CSS digabungkan ke dalam satu/beberapa file CSS saja.

Kalau mau, di sana juga disediakan link download untuk instalasi add-on Page Speed (khusus buat browser Firefox), yaitu add-on untuk mengukur kecepatan page loading sebuah halaman web.


Komplain nih sama Google...

Seperti disampaikan di atas, di situ ada saran untuk melakukan kompresi beberapa komponen. Tapi sayangnya, ternyata komponen yang sebaiknya dikompres itu adalah file-file yang ada di situs Google sendiri. Lihat aja screenshotnya:


Waduh... gimana bisa dikompress? Apa harus acak2 servernya Google? Wkkkk....

Gimana nih Google? Dia yang kasih saran, tapi kok kompenennya sendiri nggak dikompres biar ukurannya lebih kecil? Hehehe....



Tapi fitur ini tetap membantu kok... :)

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

1 comments:

didi - dukonbesar.com (on December 11, 2009 at 12:16 AM) said...

mantep mas infonya ..., wa jga sering cek fitur google webmaster walaupun belum mengerti sepenuhnya. thanks banget yah, emang bener koq sedikitnya fitur ini akan membantu kita menganalisa blog/situs yang kita kelola.

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top