Sunday, December 27, 2009

PowerMenu, Minimize Semua Jendela Aplikasi ke System Tray


PowerMenu
Bila kita sedang membuka banyak jendela di OS Windows, pada Taskbar di bagian bawah layar monitor akan tampak deretan aplikasi aka software yang sedang aktif dijalankan. Mungkin anda menginginkan kalau saja salah satu atau beberapa jendela tersebut bisa disembunyikan atau minimize jendela aplikasi ke System Tray (terletak di sebelah kanan bawah monitor tempat deretan beberapa icon aplikasi), sehingga tampilan Taskbar tidak terlalu terlihat penuh.

Sayangnya, System Tray bukanlah tempat untuk bisa meminimize Windows, karena yang bisa masuk ke System Tray hanyalah aplikasi yang memang diprogram untuk "bisa bersembunyi" di sana.

Tapi dengan sebuah software utility/tool simpel bernama PowerMenu, hal tersebut bisa dilakukan, untuk semua aplikasi, bahkan aplikasi yang tidak diprogram untuk bisa minimize ke System Tray.

PowerMenu merupakan aplikasi sederhana yang menambahkan beberapa menu tambahan pada menu default jendela aplikasi. Dengan software gratis ini, selain kita bisa meminimize jendela aplikasi apa pun yang sedang aktif ke dalam System Tray, ada tambahan menu atau fungsi lainnya, yaitu kita bisa mengatur agar sebuah jendela selalu tampak paling atas (Always On Top), mengatur prioritas penggunaan sumber daya PC, dan juga bisa membuat sebuah jendela aplikasi tampak transparan.



Sebenarnya PowerMenu adalah aplikasi yang sudah sejak lama ada, yaitu sejak sekitar tahun 2002 lalu, dan kelihatannya tidak pernah ada lagi update terbarunya (versi terakhir adalah PowerMenu 1.5.1). Tapi walau begitu, tetap saja buat saya aplikasi sederhana tapi sangat berguna ini adalah sebuah software wajib yang sering saya gunakan, baik di Windows XP atau Vista, ya karena itu tadi, ada fungsi menu tambahan, terutama supaya bisa meminimize jendela aka window kedalam System Tray sehingga Taskbar lebih lega, atau juga bisa ditampilkan "Always On Top".


Download PowerMenu 1.5.1

PowerMenu 1.5.1 for Windows 9x, ME, 2000, XP, Vista


Semoga berguna :)

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top