Tuesday, December 15, 2009

Google Luncurkan Google URL Shortener, Tool Berguna Buat Blogger


Google URL Shortener
Sejalan dengan perkembangan pesat situs layanan microblogging seperti Twitter, saat ini sudah menjadi hal yang biasa pengguna internet berbagi (share) atau menginformasikan sebuah link situs kepada teman atau pengguna internet lainnya.

Berhubung adanya pembatasan jumlah karakter yang bisa disubmit melalui layanan microblogging itu, dan juga banyak kegunaan lain penyingkatan URL, kini juga sudah banyak layanan online untuk mempersingkat alamat URL situs yang panjang menjadi hanya beberapa karakter saja. Sebut saja layanan yang sudah akrab seperti yang ditawarkan dengan domain bit.ly atau tinyurl.com dan banyak lagi.

Karena kegunaan dan kepraktisan penyingkatan URL itulah maka akhirnya Google hari ini juga meluncurkan layanan untuk mempersingkat URL yang disebut Google URL Shortener.


Fitur Google URL Shortener

Saat ini Google URL Shortener baru bisa digunakan menggunakan Google Toolbar dan juga layanan FeedBurner. Jadi belum punya situs khusus untuk umum yang bisa diakses. Nanti ke depannya Google memang merencanakan untuk memperluar cakupan layanan ini untuk umum, sambil melihat perkembangan penggunaannya.

Dibandingkan layanan penyingkat URL lain dari situs sudah selama ini, Google mengklaim bahwa layanan Google URL Shortener ini punya beberapa keunggulan:
  • Stability: Google's scalable, multi-datacenter infrastructure provides great uptime and a reliable service to our users.
  • Security: As we do with web search, shortened URLs are automatically checked to detect sites that may be malicious and warn users when the short URL resolves to such sites.
  • Speed: At Google we like fast products and we've worked hard to ensure this service is quick. We'll continue to iterate and improve the speed of Google Url Shortener.

Alamat URL yang disingkat nantinya akan menggunakan domain goo.gl (formatnya menjadi http://goo.gl/ABCD). Alamat http://goo.gl sendiri saat ini hanya menampilkan pemberitahuan bahwa situs ini adalah situs Google URL Shortener, jadi memang belum bisa digunakan langsung untuk mempersingkat URL dari situs itu, melainkan harus menggunakan Google Toolbar atau Google FeedBurner.


Google URL Shortener untuk Share Link

Kalau tertarik menggunakan layanan Google URL Shortener untuk share berbagai link situs URL, silahkan install Google Toolbar di browser.

Menggunakan Google URL Shortener dengan Google Toolbar


Gunakan Google URL Shortener untuk Otomatis Publish Artikel Blog ke Twitter

Buat blogger yang punya blog (ya iya lah, masa' blogger gak punya blog :P) dan menggunakan layanan FeedBurner-nya Google, silahkan masuk ke tab Publisize, klik Socialize, dan menambahkan akun Twitter. Nantinya, artikel kita akan secara otomatis dipublish ke Twitter kita. Mangtabs kan...? :)

Google URL Shortener di Google FeedBurner



URL kontet ;)

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

1 comments:

Imam Panji Winata (on December 15, 2009 at 2:25 PM) said...

wau . . . .

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top