Friday, October 2, 2009

Google Tampilkan Pilihan Thread Forum di Hasil Pencariannya

Baru-baru ini Google menambahkan sebuah fitur baru lagi buat mesin pencarinya, yaitu menampilkan hasil pencarian (search result) daftar post/thread yang ada pada sebuah situs forum, tentunya post/thread yang berkaitan dengan keyword yang dimasukkan ke dalam kotak pencariannya.

Apa bedanya dengan hasil pencarian sebelumnya?

Kalau hasil pencarian sebelumnya, sebuah situs hanya ditampilkan sebagai sebuah link saja yang sesuai dengan keyword, termasuk link situs forum. Nah, di fitur barunya ini, selain menampilkan link situs sebuah forum, di bawahnya juga akan ditambahkan pilihan post/thread yang berkaitan dengan keyword pencarian. Jadi, pencari informasi punya pilihan lebih banyak dan juga bisa lebih spesifik melihat post/thread yang paling sesuai dengan informasi yang dicarinya.


Test Drive...

Sebagai contoh, saya coba memasukkan sebuah keyword "gambar seronok gan"  ke dalam kotak pencariannya Google Indonesia. Eh, sebentar, kenapa gambar seronok? Huehuehue... iseng aja kok... abis sepertinya keyword itu pasti banyak threadnya, ya nggak di forum, di blog, di mana aja, rasanya banyak :) Sori kalo salah :) pisss...

Yang pasti, saya sengaja pasang kata "gan" sebagai keyword, sengaja supaya bisa mengarah ke forum, apalagi kalau bukan forum Kaskus, forum terbesar di Indonesia. Dan benar saja, halaman pertama ada forum Kaskus. Ini screenshotnya:


Seperti terlihat pada screenshot di atas, di bawah link forum Kaskus ada pilihan post/thread yang berhubungan dengan keyword tersebut. Jadi pencari bisa memilih, mana kira-kira post/thread yang paling sesuai untuk dibuka a.k.a di klik. Selain itu, juga ditampilkan tanggal thread itu, sehingga bisa dilihat kesegaran thread tersebut.

Sebagai catatan, fitur ini hanya muncul pada link forum yang punya banyak post/thread mirip. Jadi bukannya muncul pada semua link forum, atau pada keyword dengan jumlah post/thread yang sedikit kesesuaiannya dengan keyword.



Kalo fitur ini muncul juga buat blog (bukan hanya forum), sepertinya lebih mantap lagi :D

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top