Friday, October 23, 2009

Peta Online Waspada Tindak Kriminal

Kejahatan atau tindak kriminal bisa terjadi dimana saja, dan memang sudah sepatutnya kita selalu waspada terhadap kemungkinan adanya sebuah tindak kejahatan dimanapun kita berada.

Walaupun begitu, pada kenyataannya, jumlah atau pun jenis tindak kejahatan di satu tempat bisa berbeda dengan tempat lainnya. Tentu akan sangat berguna bila kita mengetahui atau mendapatkan informasi tentang suatu tindak kejahatan atau tingkat kerawanan suatu wilayah agar kita bisa lebih waspada bila berada di suatu tempat, terutama di sebuah tempat dengan tingkat kerawanan tinggi dalam hal tindakan kriminal.

Di era teknologi digital seperti sekarang ini di mana banyak orang mencari berbagai informasi di internet, sebuah layanan online (web service) yang menyajikan data statistik atau pun berbagai informasi lainnya yang disajikan berupa peta interaktif tentu menarik dan sangat berguna. Dan itulah yang disajikan oleh beberapa situs peta online tindak kriminal.

Sayangnya, peta online seperti itu hanya tersedia, yang saya tahu, baru di negara Inggris sana dan juga Amerika Serikat. Untuk warga Inggris dan Wales, bisa mengunjungi situs http://maps.police.uk/ untuk melihat data statistik tindak kejahatan berupa peta online. Khusus untuk warga kota metropolitan London, ibukota negara Inggris, bisa juga melihatnya di http://maps.met.police.uk/
.


Warga negara atau pun yang sedang berada di Amerika Serikat bisa melihat peta serupa di http://www.crimereports.com/.


Situs-situs tersebut berbasis produk peta online dari Google yaitu Google Maps dengan menambahkan fitur-fitur dan informasi serta ada juga semacam warning/alert yang berkaitan dengan tindak kejahatan. Tentunya ini berguna sekali buat pengunjung suatu tempat untuk lebih berhati-hati, misalnya untuk menghindari suatu jalan atau daerah atau juga mungkin waktu-waktu tertentu yang diperkirakan rawan terhadap tindak kejahatan.


Lalu, di Indonesia kapan yaaa....?

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top