Wednesday, October 14, 2009

Fitur Send To Di Google Reader untuk Save PDF dan Kirim Artikel

Google Reader adalah tools online (bisa juga digunakan secara offline) untuk membaca artikel dan berita online dari berbagai situs dan blog.

Ada sebuah fitur di Google Reader yang mungkin jarang digunakan yaitu fitur Send To. Fungsi fitur ini adalah untuk mengirim artikel yang sedang kita lihat di Google Reader ke situs-situs tertentu, yang tentunya situs yang memiliki layanan untuk submit sebuah artikel.

Fitur ini bisa juga kita manfaatkan untuk menyimpan (save) sebuah artikel menjadi dokumen dalam format PDF, dengan mengirimkannya pada situs yang menyediakan layanan konversi halaman web (webpage) menjadi PDF.


Cara Mengaktifkan Fitur Send To

Secara default, Google Reader tidak mengaktifkan fitur Send To ini pada artikel yang kita baca, jadi kita harus mengaktifkannya terlebih dulu untuk nantinya ditampilkan pada bagian bawah artikel. Caranya, silahkan login ke Google Reader, kemudian klik "Setting" di bagian atas.


Ketika sudah berada di halaman Setting, klik tab "Send To". Google Reader sudah menyediakan beberapa layanan situs dunia yang banyak digunakan untuk mengirimkan artikel. Situs tersebut adalah Facebook, Digg, Twitter, dan sebagainya. Kita bisa mengaktifkan fitur Sent To dengan memilih situs standar yang ada, centang saja situs yang diinginkan.


Disini kita bisa juga menambahkan link baru untuk mengirimkan artikel atau menyimpannya sebagai PDF dengan memasukkan link situs yang sesuai yang tidak ada pada situs standar yang disediakan Google Reader. Caranya, klik saja "Create a custom link".


Menambahkan Link Save PDF dan Mengirim Artikel

Untuk menambahkan sebuah link, setelah kita klik "Create a custom link", ketik nama situs (Name), alamat situs (URL), dan bila ada masukkan juga alamat icon situs tersebut (Icon URL), tapi alamat icon ini tidak harus diisi.

Berikut ini alamat-alamat situs yang saya tambahkan untuk menyimpan artikel sebagai PDF, di sini saya masukkan dua buah link save PDF, maksudnya adalah sebagai alternatif bila situs yang satu sedang bermasalah atau server sedang down/sibuk maka kita bisa memakai situs yang satunya lagi. Dan sebagai tambahan juga saya sampaikan link untuk mengirimkan artikel ke situs Lintas Berita dan Info Gue.

1. Save sebagai PDF (alt. 1 - menggunakan situs htm2pdf.co.uk)
Name:     Save jadi PDF (htm2pdf.co.uk)
URL:      http://www.htm2pdf.co.uk/?url=${url}
Icon URL: http://www.adobe.com/lib/com.adobe/template/icon/pdf.gif

2. Save sebagai PDF (alt. 2 - menggunakan situs pdfonline.com)
Name:     Save jadi PDF (pdfonline.com)
URL:      http://savepageaspdf.pdfonline.com/pdfonline/pdfonline.asp?cURL=${url}
Icon URL: http://www.adobe.com/lib/com.adobe/template/icon/pdf.gif

3. Kirim artikel ke Lintas Berita
Name:     Kirim ke Lintas Berita
URL:      http://www.lintasberita.com/kirimmedia/url:${url}
Icon URL: http://www.lintasberita.com/images/favicon.ico
Catatan:
Ketika mengirim artikel ke Lintas Berita, kita harus delete awalan http:// sebelum submit, kalau tidak, akan terjadi error, karena ada dobel http://
Heran juga, khusus di lintas berita kok error, padahal yang lain nggak tuh. Padahal alamat submitnya ya seperti itu :)


4. Kirim artikel ke Infogue
Name:     Kirim ke Infogue
URL:      http://www.infogue.com/submit/submission/?url=${url}
Icon URL: http://www.infogue.com/img/infogue.ico
Catatan:
Anda harus login dulu di situs Infogue sebelum klik Send To di Google Reader.



Setelah sukses memasukkan keempat link situs tersebut, maka keempatnya akan terlihat pada bagian bawah link Send To.


Dan hasilnya, ketika kembali ke tampilan artikel (klik tombol "Back to Google Reader" di bagian atas), pada saat kita sedang membaca sebuah artikel di Google Reader, pada bagian bawah artikel tersebut akan tampil tombol Send To. Silahkan klik tombol Send To tersebut, dan akan terlihat menu link situs yang baru saja kita aktifkan/masukkan tadi.




Kirim kirim buat... :)

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top