Thursday, October 15, 2009

Ternyata Karakter // di Alamat Situs Internet adalah Kekhilafan

Selama ini kita tahu bahwa penulisan sebuah alamat situs di internet pasti di bagian depannya (setelah http: atau pun ftp:) selalu ada karakter // (garis miring ganda/double backslash). Jadinya karakter tersebut (terkesan) sangat penting untuk penulisan sebuah alamat situs internet.

Ternyata, dua karakter itu hanyalah sebuah kekhilafan yang sebenarnya sama sekali nggak ada artinya, dan nggak penting, seperti yang diakui sendiri oleh si pencipta world wide web (www), Sir Tim Berners Lee. Jiah...

Ini cuplikan beritanya.


Pencipta WWW, Sir Tim Berners Lee
WASHINGTON - Sir Tim Berners Lee meminta maaf atas kekhilafannya karena telah menggunakan karakter yang sama sekali tidak penting dalam penulisan alamat web.

Karakter penting itu adalah // atau yang biasa disebut dengan double backslash (dua garis miring). Biasanya dituliskan setelah titik dua di depan http. Menurut Sir Tim, karakter tersebut sebenarnya tidak memiliki arti sama sekali dalam pengkodean nama situs.

"Jika anda berpikir tanda double backslash itu tidak diperlukan dalam penulisan URL, saya bisa saja menghilangkan karakter tersebut dalam sejarah awal penciptaan www. Jika waktu bisa saya putar kembali, saya akan mengubahnya," papar Sir Tim dalam sebuah simposium di Washington DC, seperti dikutip melalui Australian IT News, Rabu (14/10/2009).

Sir Tim mengaku tidak pernah membayangkan betapa karakter tersebut sebenarnya sangat mengganggu belakangan ini. Baik dari segi penulisan, pengucapan maupun pencetakannya.

"Betapa sulitnya bagi kita belakangan ini untuk mengucapkan 'backslash backslash', 'double slash', atau 'forward slash'. Bahkan untuk memeragakannya dengan tangan pun tidak mudah," papar Sir Tim.

Untungnya, software browser modern sekarang ini sudah otomatis memasukkan karakter // itu pada alamat sebuah situs tanpa kita perlu mengetiknya secara manual. Walau pun begitu, tetap saja Sir Tim menyesalkan adanya karakter itu, yang dianggapnya adalah pemborosan seperti tinta atau kertas hanya untuk memunculkan dua karakter itu. Wew... pikirannya hemat energi juga nih... :)

*

Kalo dipikir-pikir, iya juga ya, coba kalo nggak ada karakter // itu, alamat situs mungkin jadinya lebih simpel dan nggak berkesan terlalu teknis ya? Misalnya, alamat Google http://www.google.com, kenapa formatnya dulu gak dibikin simpel misalnya jadi htp.google.com aja, lebih singkat dan simpel kan? Huehuehue... sok tau nih.... :)

Tapi ya sudah lah, terlanjur gitu loh... ada www aja udah bagus kan, ngebantu banget buat dunia internet kok Sir... thanks deh... Soal dua karakter itu sih, ya gak pa pa lah... anggap aja bonus :) Masa' mau diubah lagi? Wah, malah lebih ribet lagi urusannya...

.


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links

1 comments:

Blog Ijo (on October 15, 2009 at 9:39 AM) said...

ya sudah terlanjur..
ribet juga sih makenya..

Post a Comment

Subscribe to zonsDigital via RSS reader
Enter your email address:

Mini Browser

Followers


Follow zonspot on Twitter

Statistics





Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! Computer Blogs - Blog Catalog Blog Directory

© 2009 zonsDigital | Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal ----- zonsDigital HomeEdit PostDashboardJump to top